125 Orang Jelajah Bukit Kaba

125 Orang Jelajah Bukit Kaba

\"Ary,

CURUP, BE - Untuk menanamkan rasa cinta lingkugan kepada generasai muda, Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Bengkulu menggelar lomba lintas alam Bukit Kaba. Dalam kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 8 Mei kemarin diikuti oleh 25 regu, masing-masing regu berjumlah lima orang. Peserta sendiri berasal dari sejumlah kabupaten dan kota yang ada Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan seperti Kota Bengkulu, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Lebong, Kepahiang Benteng dan Rejang Lebong sendiri.

\"Peserta kegiatan ini berasal dari 6 kabupaten dan kota yang dekat dengan kawasan TWA Bukit Kaba ini yaitu Kota Lubuklinggau, Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu,\" ungkap Kepala BKSDA Provinsi Bengkulu, Abu Bakar usai melepas peserta lintas alam bukit kaba.

Menurut Abu Bakar, peserta kegiatan kemarin berasal dari sejumlah organisasi kepemudaan mulai dari Pramuka, pencinta alam dan pelajar. Lebih lanjut ia menjelaskan, selain menanamka cinta kepada lingkungan, kegiatan yang baru pertama kali dilakukan tersebut juga untuk memperkenalkan TWA Bukit Kaba sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Bengkulu khususnya Rejang Lebong.

\"TWA Bukit Kaba ini merupakan salah satu objek wisata yang kita miliki dengan adanya kegiatan ini TWA Bukit Kaba ini bisa semakin dikenal,\" tambahya.

Untuk pengembangan objek wisata TWA Bukit Kaba sendiri, menurut Abu Bakar kedepannya pihaknya akan melakukan sejumlah langkah sehingga bisa memberikan daya tarik kepada wisatawan. Salah satu yang akan mereka lakukan kedepanya adalah dengan memberikan nama-nama tumbuhan yang ditemukan disepanjang jalur pendakian TWA Bukit Kaba.

\"Tanaman yang ada saat ini masih alami semuanya, nanti akan kita beri label, sehingga pengunjung TWA Bukit Kaba ini bisa menambah pengetahuan khususnya terkait dengan jenis-jenis pohon,\" harapnya.

Untuk sistem penilaian sendiri menurut Abu Bakar dilakukan dengan tiga sistem penilaian yang pertama yaitu menjawab quisioner, kemudian yang kedua keindahan pengambilan dokumentasi dan terakhir terkait dengan kepedulian para peserta terhadap lingkungan terutama terhadap sampah yang ada di TWA Bukit Kaba.

\"Dalam penilaian ini kita lakukan di lima pos yang tersebar disepanjang jalur,\" terang Abu Bakar.

Dari penialain dilakukan keluar sebagai Juara pertama tim dari Poltekes Bengkulu dengan nila 433. Kemudian disusul oleh tim dari KSS STAIN Curup dengan nilai 413 dan Juara ketiga di Raih oleh Poltek Curup dengan nilai 410,5. Para pemenang tersebut selain mendapat piala dari Kepala BKSDA Bengkulu juga mendapat uang pembinaan.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: